Dino Berbagi Pengalaman di Acara Wisuda McLean High School

JAKARTA – Mantan Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat Dino Patti Djalal membagi pengalaman hidupnya kepada 500-an siswa McLean High School di Constitution Hall, Washington DC, Amerika Serikat, Kamis (19/6) waktu Indonesia. Dino hadir saat acara wisuda di sekolah yang juga pernah menjadi almamaternya itu.

m

Dino merupakan alumnus McLean High School. Sebab, selama kurin 1979–1981), Dino menjadi siswa di McLean karena mengikuti ayahnya, Hasjim Djalal yang bertugas sebagai Wakil Duta Besar RI di Washington DC. Dino lulus tahun 1981 dalam usia 15 tahun.

m

Dino mengatakan, pengalaman dan pelajaran berharga yang diperolehnya di Indonesia diyakini bisa memotivasi siswa McLean High School untuk meraih kesuksesan. Menurutnya, berbagai pengalaman dan pelajaran berharga itu diperolehnya saat berinteraksi dengan berbagai lapisan masyarakat di banyak daerah di Indonesia.

Berbagai pengalaman dan pelajaran berharga itu, dirangkum Dino dalam empat hal yang disebutnya sebagai “temuan”. Hal pertama adalah mengejar tujuan hidup agar jangan sampai kehilangan arah.

“Siswa harus selalu mengisi ruang kosong dalam hatinya dengan iman, kasih sayang, kebajikan, dan idealisme. Dengan begitu, hidup kita menjadi penuh arti,” kata Dino dalam keterangan pers yang diterima, Kamis (19/6).

Hal kedua, lanjut Dino, dunia kini dikuasai oleh orang orang yang memiliki sifat “geeks” atau orang orang gigih yang mempunyai ilmu, imajinasi dan tekad kuat untuk mengubah hidup bangsanya. Menurutnya, salah satu fenomena terpenting abad 21 adalah munculnya China, India, Korea Selatan, Turki dan Indonesia sebagai negara negara yang menonjol di dunia. “Itu digerakkan oleh kekuatan mental geeks ini,” kata Dino lagi.

DickensBatman-copy

Hal ketiga yang menjadi temuan Dino adalah seseorang tidak hanya harus cerdas dan cerdik, tetapi juga harus menjadi bijak. Menurutnya, tiga kekuatan mental ini harus dioptimalkan dan diimplementasikan secara bersamaan.

m

Dino menegaskan orang yang cerdas belum tentu cerdik, sedangkan yang cerdik belum tentu bijak. “Banyak orang yang cerdas dan cerdik menjadi korup karena tidak bijak,” kata Dino.

Yang keempat, kata Dino, sesibuk apapun jangan pernah melupakan keluarga sendiri. Menurutnya, loyalitas dan kasih sayang keluarga adalah yang paling murni dan paling permanen dalam hidup kita. “Berapapun jumlah kawan dan relasi yang kita temui dan gandeng, jangan pernah melupakan keluarga sendiri,” ujarnya.

m

About najoor

nevertheless, i just can't judge myself, i only can judge someone else :) just like commonnly person did, enjoy my blog ;)
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s